EFEKTIVITAS PELAYANAN VIA TELEGRAM PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BUKITTINGGI
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian berupa efektivitas pelayanan via telegram pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi, peneliti menggambarkan efektivitas pelayanan via telegram pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dan kendala dalam mengefektifkan pelayanan via telegram pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi. Selanjutnya tujuanĀ penelitian ialah untuk mengetahui efektivitas pelayanan via telegram pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dan kendala dalam mengefektifkan pelayanan via telegram pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi. Metode penelitian yang peneliti maanfaatkan merupakan riset kualitatif deskriptif yang memakai metode riset penentuan informan purposive sampling. Pengumpulan informasi dicoba dengan metode pemantauan, tanya jawab dan riset pemilihan. Bisa dikenal hasil riset ini membuktikan bahwa belum efektifnya pelayanan via telegram yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi diiringi masih adanya kendala baik secara internal maupun eksternal dalam penyelenggaraannya.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, E-Government