PELAKSANAAN KERJASAMA ANTAR PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus : Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Solok dan Kabupaten Solok)

Pelaksanaan Kerjasama Antar Pemerintah Daerah Kota Solok dan Kabupaten Solok dalam Memberikan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB)

  • Fadhli Yuswardi Padang State University
Keywords: Pelaksanaan, Kerjasama, Pemerintah Daerah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan penelitian berupa pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah dalam pelayanan publik, peneliti menggambarkan bagaimana pelaksanaan kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Solok dengan Pemerintah Kabupaten Solok dalam hal pelayanan kendaraan bermotor (PKB). Selanjutnya tujuan penelitian ialah untuk menganalisis pelaksanaan kerjasama antar pemerintah daerah dalam pelayanan publik (studi kasus : pelayanan pengujian kendaraan bermotor (PKB) Kota Solok dan Kabupaten Solok). Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Dapat diketahui hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelaksanaan kerjasama ini sudah berjalan sesuai dengan prinsip kerjasama antar pemerintah daerah yaitu kemitraan sejajar, sinergi dan saling menguntungkan, berbasis kebutuhan, pelibatan dan kepemilikan, fleksibel, legitimasi, efektif serta akuntabel dan transparan. Namun, ada satu prinsip yang belum terpenuhi yaitu aspek keberlanjutan yang belum sesuai dengan sebagaimana prinsip pelayanan yang semestinya.

Published
2022-09-30
How to Cite
Yuswardi, F. (2022). PELAKSANAAN KERJASAMA ANTAR PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus : Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Solok dan Kabupaten Solok). Journal Of Policy, Governance, Development and Empowerment, 2(3), 282-291. https://doi.org/10.24036/pgde.v2i3.117